Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Daya saing Untuk Menghadapai MEA

DSCa_1268-e1459976017280-317v0gc9u1zvjrjegsaqdm

Media Center– Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Daya saing Untuk Menghadapai MEA Dalam upaya meningkatkan kualitas SDM masyarakat, pemerintah Tanbu juga lebih mengedepankan proses pengembangan mutu pendidikan. Melalui sektor pendidikan ini, kualitas SDM dibangun dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi generasi muda yang akan menjadi penerus estafet kehidupan bangsa dimasa datang.

Implementasi peningkatan kesadaran itu diwujudkan melalui program pendidikan gratis mulai tingkat SD hingga SMA dan sededarat. Dengan program pendidikan gratis diharapan tak ada lagi anak yang putus sekolah atau tidak mampu sekolah akibat tidak adanya biaya.

Peningjkatan kualitas SDM, juga dikembangkan melalui pemberian bimbingan keterampilan kepada masyarakat atau para lulusan sekolah yang akan terjun ke dunia kerja.Bimbingan keterampilan yang dikembangkan antara lain bimbingan keterampilan menjahit, pemasangan instalasi listrik rumah tangga, otomotif, manajemen usaha produktif, dan sejumlah keterampilan lain yang notabenya banyak dibutuhkan oleh penyedia lapangan kerja .

Ketersediaan masyarakat terampil yang siap terjun ke dunia kerja, turut menjadi pendorong tercitanya jumlah peluang kerja baru bagi masyarakat. Kemampuan keterampilan ini, sekaligus menjadi modal dasar bagi pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan daya saing masyarakat guna menghadapi pasar bebas Asean atau Masyarakat Economi Asean (MEA) yang berlangsung sejak awal 2016.

Meningkatnya daya saing telah terbukti dengan banyak lulusan siswa sekolah yang siap terjun ke dunia kerja maupun yang ingin berwira usaha sendiri dengan bekal ketrampilan dari hasil pembinaan atau bimbingan pemerintah daerah. Kondisi ini juga didukung dengan komitmen pemerintah daerah terus melakukan inovasi kemudahan proses pembuatan ijin usaha bagi masyarakat.

Sejak 2015 setidaknya sudah tercatat ada sekitar 1.137 Ijin Usa Mikro Kecil (IUMK) yang tersebar di wilayah Kabupaten Tanbu. Ditambah lagi sekitar 337 badan usaha koperasi yang semuanya diarahkan sebagai pendorong peningkatan daya saing dan kesejahteraan masyarakat di daerah. / TB team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *